id ID en EN

 

TRENGGALEK -- Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Umum Serentak tahun 2019, KPU akan menyelenggarakan kegiatan Pagelaran Seni Budaya menyongsong 1 (satu) tahun penyelenggara Pemilu Serentak tahun 2019. Acara gelar budaya ini akan diselenggarakan di berbagai daerah di seluruh tanah air, termasuk di Kabupaten Trenggalek.

Melalui Surat Edaran Nomor 115/PP.08-SD/KPU/II/2018, Komisi Pemilihan Umum Republik Indoesia (KPU RI) menginstruksikan agar gelar budaya diadakan pada tanggal 21 April 2018 dengan tema “Melalui Pagelaran Seni Budaya Membangun Pemilih Berdaulat Guna Menyukseskan Pemilu Serentak 2019”.

Pagelaran seni budaya dalam rangka sosialisasi Pemilu itu harus digelar di tempat terbuka dan mudah dijangkau, yang memudahkan pengumpulan massa. Harapannya, acara seni budaya itu akan dihadiri oleh masyarakat luas, komunitas seni budaya, tokoh masyarakat, media massa, komunitas politik, lembaga swadaya masyarakat,  dan berbagai pemangku kepentingan.

Menurut Nurani, Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Parmas-SDM) KPU Kabupaten Trenggalek, pihaknya akan siap melaksanakan instruksi tersebut dan akan segera merapatkan barisan agar pelaksanaan sosialisasi melalui gelar budaya itu bisa berjalan dengan baik dan membawa dampak yang massif dalam hal penyebaran informasi Pemilu. “Hal ini akan dibahas di Rapat Pleno senin depan, biar persiapannya matang”, kata Nurani.

Ditambahkan oleh Nurani bahwa kegiatan seni budaya ini merupakan hal yang menarik mengingat seni-budaya memang merupakan suatu bidang yang amat mudah menarik massa untuk berkumpul. Nurani akan mengusulkan di rapat pleno agar dipilih tampilan-tampilan budaya yang bisa mendatangkan banyak penonton. “Tentunya yang mudah dijadikan sarana sosialisasi yang efektif, mengena, massif dan punya daya jangkau yang luas”, imbuhnya. [Hupmas]