id ID en EN


         

TRENGGALEK, 08/10/2018— Pasca kegiatan rapat kordinasi antara KPU Kabupaten Trenggalek dengan para kepala sekolah SMA dan SMK se-Kabupaten Trenggalek pada hari Kamis lalu, hari-hari ini KPU Kabupaten Trenggalek mulai gencar datang ke sekolah-sekolah untuk melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih untuk menyambut Pemilu 2019 mendatang.

Kali ini, KPU Kabupaten Trenggalek hadir di SMAN 1 Pule. Sekolah negeri yang berada di kecamatan paling barat Trenggalek ini meminta KPU Kabupaten Trenggalek untuk menjadi inspektur upacara yang tema ceramahnya adalah partisipasi Pemilu 2019. Dari KPU Kabupaten Trenggalek, yang bertugas  kali ini adalah langsung dari Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Parmas&SDM), Nurani.

Seperti biasanya, kegiatan upacara dimulai pada pukul 07.00 WIB. Di sesi sambutan Pembina upacara, Nurani menyosialisasikan tahapan Pemilu 2019 yang sudah dan akan berjalan, hingga puncaknya adalah tanggal pemungutan suara pada 17 April 2019. Nurani mengajak warga SMAN 1 Pule, khususnya pemilih pemula yang terdiri dari para pelajar yang sudah punya hak pilih, agar menjadi pemilih yang cerdas. “Caranya, mengenali siapa calonnya, dan mendasarkan pada rasionalitas dan kemandirian dalam memilih, dan yang terpenting kalian jadi pelopor bagi partisipasi di lingkungan kalian masing-masing”, tegas Nurani.

Nurani juga menguraikan pentingnya Pemilu untuk menjadi sarana perebutan kekuasaan dan pengisiaan kursi kepemimpinan dan keterwakilan yang sah. “Karena mau tak mau pemilu harus ada, maka kita sebagai warga negara yang baik punya tanggungjawab bersama agar pemilu berkualitas, yang penyelenggara, yang peserta, dan utamanya yang jadi pemilih, harus menjadi elemen yang sadar dan bermartabat”, imbuhnya. [Hupmas]