id ID en EN

TRENGGALEK, 04/10/2018— Pemilih pemula adalah pilar masa depan demokrasi di Indonesia.  Sebab, mereka adalah pemilik dan pewaris bangsa yang sah. Karena itu, mereka tidak boleh cuek pada politik yang merupakan wilayah  di mana kebijakan masa depan bangsa dibicarakan dibuat.

Pandangan itu disampaikan oleh Dr. Suripto, Ketua KPU Kabupaten Trenggalek, dalam sambutannya di acara ‘KPU Goes To School’ yang diadakan di SMAN 1 Dongko. Dr Suripto menguraikan kondisi kebangsaan yang akhir-akhir ini terjadi, termasuk situasi politik yang masih menunjukkan tradisi yang belum sampai pada titik yang ideal.

Pria alumnus IAIN Yogyakarta ini mengajak para pelajar di SMAN 1 Dongko untuk peduli pada nasib bangsa. Caranya adalah peduli dengan kegiatan politik elektoral dan menjadi pemilih yang cerdas. Ia mengatakan bahwa pemilih pemula masih belum diintervensi banyak kepentingan-kepentingan pragmatis. “Kalian masih murni, masih bisa memilih berdasarkan pertimbangan yang cerdas dan mempertimbangkan nasib bangsa jangka panjang”, tegas Suripto.

Ditambahkan bahwa kualitas demokrasi di masa mendatang berada di tangan anak-anak remaja dan kaum muda sekarang. Sehingga, anak-anak muda harus berpartisipasi dan mengembangkan dirinya serta terlibat aktif dalam penyelenggaraan demokrasi yang ada. [Hupmas]