KPU TRENGGALEK GOES TO SCHOOL DI SMAN 1 DONGKO

 

TRENGGALEK, 04/10/2018— Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat menjelang Pemilu 2018, KPU Kabupaten Trenggalek terus mengadakan acara sosialisasi dan pendidikan pemilih pada masyarakat. Kali ini kegiatan difokuskan pada sasaran pemilih pemula. Dalam acara yang bertajuk “KPU Goes To School”, pada hari Jumat tanggal 04 Oktober 2018 lalu, KPU Kabupaten Trenggalek datang ke salah satu sekolah menengah atas di Kecamatan Dongko.

SMAN 1 Dongko adalah sekolah yang kali ini mendapatkan sasaran sosialisasi dan pendidikan terkait dengan demokrasi dan kepemiluan. Sekolah yang dipimpin oleh Bapak Agus Sugiarto ini menyediakan 70 pelajar di sekolahnya yang pada tanggal 17 April 2019 nanti akan menjadi pemilih yang pertamakali dalam hidupnya akan mencoblos.

Kegiatan ‘KPU Goes To School’ ini bertema “Menciptakan Generasi Cerdas Berdemokrasi, Meningkatkan Partisipasi Pemilih dalam Pemilu 2019”. Acara bertempat di Aula sekolah. Acara dimulai pada sekitar pukul 14.00 WIB. “Sengaja kita ambil jam segini, agar tidak mengganggu jam pelajaran sekolah”, papar Bapak Agus Sugiarto dalam sambutannya.

Pada acara ini, Ketua KPU Kabupaten Trenggalek Dr. Suripto juga memberikan sambutan. Ia mengatakan bahwa pemilih pemula menjadi segmen masyarakat yang disasar dengan perhatian yang lebih dibanding segmen masyarakat secara umum karena kalangan pemilih pemula adalah kaum yang akan pertama kali memilih dan membutuhkan intervensi pengetahuan teknis  maupun ideologis sebagai warga yang harus memilih secara cerdas.

Materi tentang tahapan Pemilu 2019 dan wawasan tentang Demokrasi dan Pemilu disampaikan oleh Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Parmas&SDM) KPU Kabupaten Trenggalek, Nurani. Dalam penyampaian materinya, Nurani juga memberikan motivasi dan wawasan pengembangan diri bagi para pemilih pemula yang notabene adalah kaum remaja.

Acara berakhir pada sekitar pukul 16.00 WIB. Antusiasme para pelajar ditunjukkan dengan banyaknya penanya di sesi tanya jawab. Acara diakhiri dengan ramah-tamah dan foto bersama. [Hupmas]