DCS DIUMUMKAN, MASYARAKAT BISA MEMBERIKAN TANGGAPAN

  

TRENGGALEK— Daftar Calon Sementara (DCS) calon anggota legeslatif  dari empatbelas partai politik yang ada di Trenggalek yang  akan berebut 45 kursi di DPRD Kabupaten Trenggalek tekah diumumkan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek menuruti jadwal yang telah dibuat oleh KPU RI, yaitu antara  tanggal 12-14 Agustus 2018.

KPU Kabupaten Trenggalek mengumumkan DCS setelah daftar calon sementar itu disetujui oleh perwakilan partai politik dan menetapkan DCS melalui rapat pleno. Pengumuman DCS dilakukan diberbagai media, seperti media elektronik (radio), harian cetak, dan media online, serta disebarkan di berbagai medsos dan grup-grup medsos yang ada di Trenggalek.

Sebagaimana dikatakan Patna Sunu, Plt Ketua KPU Kabupaten Trenggalek dalam serah terima DSC pada perwakilan partai politik kemarin (Senin, 13/08/2018) di Ruang Rumah Pintar Pemilu “Vote”, DCS yang akan diumumkan akan ditanggapi oleh masyarakat. Jadwal  tanggapan masyarakat terhadap para bakal calon anggota legeslatif adalah antara tanggal 12 hingga 21 Agustus. Seandainya ada calon yang mendapatkan masukan dan tanggapan dari masyarakat, KPU akan minta klarifikasi pada partai politik. “Apabila caleg yang mendapatkan tanggapan benar-benar tidak sah, misal terbukti melanggar integritas, maka masih ada waktu untuk mengganti”, papar Sunu.

Dalam Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018  pada Pasal 23 ayat (1) DCS anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dapat diubah apabila: pertama,  bakal calon tidak memenuhi syarat berdasarkan hasil klarifikasi terhadap adanya masukan dan/atau tanggapan dari masyarakat terkait denga persyaratan bakal calon; kedua,  bakal calon meninggal dunia; dan ketika, bakal calon menungudurkan diri.

Sementara itu terkait tanggapan masyarakat, masyarakat yang ingin memberikan masukan, harus menyertakan data diri lengkap berikut fotokopi KTP sebagai bentuk pertanggungjawaban aduan tersebut. Jika tidak, maka laporan dari masyarakat itu tidak akan diproses KPU. [Hupmas]