KPU TRENGGALEK HADIRI FGD PENYUSUNAN TRENGGALEK DALAM ANGKA

     

 

TRENGGALEK— Bertempat di Rumah Makan ‘Mekar Sari’, pada hari Rabu, 01 Agustus 2018 dilaksanakan acara ‘focus group discussion’ (FGD) dengan mengambil tema “Penyusunan Trenggalek dalam Angka”. Acara ini diadakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Trenggalek, dengan mengundang  berbagai lembaga dan instansi pemerintahan di Kabupaten Trenggalek, seperti Badan Perencanaan Daerah (Bapeda), Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Dinas Kesehatan, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD), Kantor Kementerian Agama (Kemenag), dan berbagai instansi lain.

Juga hadir dalam hal ini perwakilan kampus dan perguruan tinggi yang ada di Trenggalek, di antaranya Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Sunan Giri dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Trenggalek.  Tak ketinggalan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek juga hadir menenuhi undangan dalam kegiatan ini.

Acara ini dimulai pada sekitar pukul 09.00 WIB, didahului dengan pembukaan yang diteruskan dengan sambutan sekaligus membuka acara oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Trenggalek yang diwakili oleh Sugeng Widodo, SH selaku asisten. Dalam sambutannya Sugeng mengatakan bahwa acara penyusunan Trenggalek dalam angka tersebut amat penting karena akan menghasilkan data resmi yang diambil dari berbagai dinas dan instansi pemerintahan. “Karena itu, pastikan bahwa masing-masing instansi memberikan data yang aktual dan valid, jangan sampai setelah buku nanti disusun akan memunculkan komplain”, tegas Sugeng.

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini yaitu dari Bapeda, Kominfo, dan BPS sendiri. Di sesi diskusi, perwakilan dari KPU Kabupaten Trenggalek yaitu Nurani menyampaikan permasalah data-data dan potensinya yang dikelola oleh KPU Kabupaten Trenggalek. Nurani  juga menyatakan siap jika KPU dimintai data yang nanti akan dimasukkan dalam buku Trenggalek dalam angka 2018 yang akan disusun BPS. Ia menyampaikan agar BPS mendaftar data apa saja yang dibutuhkan terkait dengan data kepemiluan dalam lingkup Trenggalek. “DI antaranya yang kami punya, data pemilih pemilu terakhir, data peserta pemilu, partisipasi, dan beberapa hal yang nanti dibutuhkan akan kami upayakan jika memang ada”, paparnya. [Hupmas]