KPU SE-JAWA TIMUR EVALUASI PELAKSANAAN PILGUB 2018

BATU— Bertempat di Hotel Singasari Kota Batu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) se-Jawa Timur melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018. Acara ini merupakan kegiatan untuk melakukan evaluasi terhadap kekurangan pelaksanaan Pilkada 2018 di Jawa Timur. “Adapun jika ada kelebihannya, bisa kita gunakan untuk masa mendatang”, kata Ketua KPU Propinsi  Jawa Timur, Eko Sasmito, dalam sambutannya.

Kegiatan evaluasi ini berlangsung dua hari, Hari Jumat-Sabtu, 28-29 Juli 2018. Acara dimulai sore hari pada Jumat dan berakhir pukul 12.00 pada Hari Sabtu. Hadir dalam acara ini seluruh komisioner KPU Propinsi Jawa Timur dan seluruh komisioner KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, beserta sekretaris.

Setelah dibuka oleh Ketua KPU Propinsi Jawa Timur, acara dilanjutkan dengan pemaparan masing-masing divisi di KPU Propinsi Jawa Timur. Lalu dibentuk rapat komisi yang mewakili masing-masing divisi. Hasil rapat komisi akan dipresentasikan dan ditanggapi. Evaluasi terhadap semua tahapan dan teknis, mulai pemutakhiran data pemilih, pencalonan, penghitungan dan rekapitilasi suara, kampanye, dana kampanye, sosialisasi dan pendidikan pemilih, dan teknis lainnya dibahas. Hingga menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang dicatat dan akan dijadikan pertimbangan untuk kegiatan pemilihan ke depan agar lebih baik. [Hupmas]