id ID en EN

 

TRENGGALEK— Angka partisipasi perempuan dalam hal pencalegan atau pendaftaran calon anggota legeslatif di Trenggalek terbilang baik atau memenuhi syarat sebagaimana diatur dalam undang-undang. Dari 430 jumlah bakal calon anggota legeslatif (bacaleg) dari 14 partai politik yang ada, ada 167 bacaleg perempuan.

Data ini didapat dari hasil rekap terhadap berkas pendaftaran yang diajukan 14 partai politik yang dilakukan mulai tanggal 4-17 Juli lalu. Meski daftar caleg belum ditetapkan, setidaknya masih ada waktu untuk memperbaiki berkas pendaftaran yang akan dilakukan oleh partai politik. “Rata-rata tinggal beberapa bacaleg yang perlu diperbaiki dari nama-nama bacaleg yang diserahkan 14 partai politik tingkat kabupaten Trenggalek”, kata Suripto Ketua KPU kabupaten Trenggalek hari ini (Jumat, 20/07/2018).

Sementara itu, Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Trenggalek mendapatkan data bahwa dibandingkan Pemilu 2014, jumlah caleg perempuan lebih banyak dilihat dari jumlahnya. “Saya buka file pencalegan 2014, waktu itu ada 150 caleg perempuan”, papar Nurani.

Nurani menambahkan jumlah partai politik yang mengajukan caleg untuk Pemilu 2014 hanya 12 partai. Sedangkan sekarang ada 14 partai. “Jadi, angka partisipasinya tak bisa dikatakan naik, karena jumlah partainya lebih banyak”, tegas pria botak ini. [Hupmas]