id ID en EN

   

TRENGGALEK— Hingga waktu pengajuan bakal calon anggota legeslatif untuk Pemilu 2019, khususnya Pemilihan anggota DPRD Trenggalek, tadi malam, tercatat ada 430 bakal calon anggota legeslatif (bacaleg) yang didaftarkan oleh partai-partai politik peserta Pemilu 2019. Demikian ungkap Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu yang juga Ketua KPU Kabupaten Trenggalek, Suripto, pagi ini (Rabu, 18/07/2018).

Dari jumlah 430 bacaleg itu di antaranya adalah dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)  37 orang, Gerindra 45 orang, PDIP 45 orang, Golkar 45 orang,  Nasdem 45 orang, Partai Berkarya 11 orang, PKS 39 orang,  Perindo 15, PPP 26 orang,  PSI 12 orang,  PAN 45 orang, Hanura 8 orang,  Partai Demokrat 45 orang, dan PBB 12 orang.

Dilihat dari jumlah bacaleg yang diserahkan kepada KPU Kabupaten Trenggalek dari partai-partai politik yang menjadi peserta Pemilu 2019 tingkat Kabupaten, maka jumlah bacaleg yang diserahkan tidak sama jumlahnya. “Hal itu tidak apa-apa, yang dilarang adalah melebihi 45 karena kuota bacaleg yang diserahkan jumlah maksimalnya adalah jumlah kursi yang diperebutkan tiap Dapil”, papar Suripto.

BKPU Kabupaten Trenggalek akan melakukan verifikasi kelengkapan administrasi daftar calon dan bakal calon hingga besok. “Artinya sejak mereka daftar yang sebenarnya mulai tanggal 4 Juli lalu, adalah waktu penyerahan sekaligus verifikasi, dan nanti tentunya masih ada masa perbaikan”, tambah Suripto. [Hupmas]