PPK SURUH MELAKSANAKAN PEMETAAN TPS

 


SURUH --  Pada hari Rabu (10/01/2018), bertempat di balai desa Wonokerto, PPK Suruh melaksanakan pengarahan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 3 desa yaitu Wonokerto, Puru, dan Ngrandu. Dengan diwakili Divisi Data di setiap PPS desa-desa tersebut, Divisi Perencanaan dan Data PPK Suruh, Harmanto, memberikan penjelasan pada PPS.

Harmanto menyampaikan hasil arahan dari KPU Kabupaten Trenggalek sebelumnya tentang teknik pemetaan  TPS sebelum jadwal pemutakhiran data dalam bentuk coklit dilakukan. Harmanto mengatakan bahwa pemetaan TPS di setiap file akan dilakukan dengan menambahkan keterangan koding nomor TPS di Kolom Keterangan di setiap Sheet Data Calon Pemilih yang sudah di-breakdown dari KPU.

Sementara itu,  dari ketua PPK Kecamatan Suruh, Indra Hadi Subakti, dalam pengarahannya mengatakan bahwa data calon pemilih yang sudah yang terpisah di beberapa sheet pada program aplikasi excel dapat dimerger terlebih dahulu dalam di satu sheet saja, kemudian sesudah dilakukan koding nomor TPS Calon pemilih selanjutnya dapat dengan mudah si urutkan dari TPS nomor terkecil sampai dengan yang terbesar. “Ini lebih mudah kalau kita bekerja dengan koding nomor TPS acak sesuai nomor RT domisili data calon pemilih. Jika diaplikasi excel bisa menggunakan command tool yaitu sort and filter secara custom by Column yang tersedia pada home toolbar’, jelas Bapak Indra.

Acara Kegiatan Pemetaan TPS yang dimulai pada pukul 19.00 WIB yang dilakukan dengan kordinasi langsung dan dengan praktik langsung mengoperasikan komputer  diharapkan  akan memudahkan kerja bagi setiap PPS sehingga pemetaan setiap TPS berjalan lancar namun dengan tetap mempertimbangkan keakuratan data pemilih yang ada. Hal ini berkaitan juga dengan kejar jadwal kegiatan coklit PPDP yang semakin dekat pada pertengahan bulan Januari.

Di Kecamatan Suruh sendiri pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur  tahun 2018 ini dari 7 desa yang ada terdapat 43 TPS di mana desa Mlinjon dengan jumlah TPS terbanyak yaitu 13 TPS. Sedangkan  desa dengan jumlah TPS terkecil adalah desa Wonokerto dengan 3 TPS. [PPK-Suruh]