KPU TRENGGALEK LAKUKAN SOSIALISASI PADA KOMUNITAS PENYANDANG DISABILITAS

 

TRENGGALEK— Menjelang pemungutan suara pada hari Rabu Pon tanggal 27 Juni 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek terus menggelar kegiatan sosialisasi. Kali ini adalah kegiatan sosialisasi berbasis komunitas yang menyasar kalangan penyandang disabilitas yang ada di Trenggalek.

Acara diselenggarakan bersama Yayasan Penyandang Disabilitas ‘Naeema’ Trenggalek yang diketuai Taryaningsih, M.Pd, dimulai pada Hari Kamis 21 Juni 2018 mulai pukul 13.30. Hadir dalam kegiatan ini sekitar 80 penyandang disabilitas dari berbagai kecamatan Trenggalek. Dari KPU Trenggalek, hadir sebagai pemateri yaitu Nurani dari Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia bersama beberapa staf dan tenaga pendukung.

Pemandu acara ini sekaligus sebagai penerjemah untuk penyandang tuna rungu langsung dilakukan oleh Taryaningsih. Perempuan enerjik yang juga menjadi penerjemah disabilitas dalam acara Debat Publik dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek 2015 lalu ini juga memberikan sambutan untuk mengawali acara. Ia mengucapkan terimakasih pada KPU Kabupaten Trenggalek yang telah melakukan sosialisasi pada kalangan  disabilitas Trenggalek. Ia juga berharap para disabilitas menggunakan hak pilihnya pada Hari Rabu 27 Juni nanti.

Sementara itu, dalam paparannya Nurani mengatakan bahwa disabilitas bukanlah ketidaknormalan dan posisinya dalam politik adalah setara dengan warga Negara yang lain. Nurani juga memaparkan bagaimana pelayanan KPU Kabupaten Trenggalek dalam pelaksanaan Pilgub Jatim ini pada para penyandang disabilitas. Selain menyediakan template untuk tuna netra dan menyediakan pendamping bagi pemilih disabilitas dengan formulir C-3, KPU Kabupaten Trenggalek juga mendesain TPS agar bisa dilewati kursi roda. “Intinya, semua kami upayakan agar hak pilih teman-teman disabilitas terlayani dengan baik sebagaimana warga lainnya”, tegas Nurani. [Hupmas]