DPS TERDISTRIBUSI LANGSUNG DIUMUMKAN, PPS SE-KECAMATAN KARANGAN BERAKSI

  

KARANGAN— Tanggal 23 Maret 2018, tepatnya hari Jumat, Daftar Pemilih Sementara (DPS) telah didistribusikan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupate Trenggalek lewat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)  Karangan. Hari itu pula PPK langsung membagikan ke PPS Se-Kecamatan karangan, agar secepatnya mengumumkan DPS di masing-masing desa dapat dilakukan.

Sebagian PPS Langsung merespon dengan menempel di tempat pengumuman sekretariat PPS, ada pula yang langsung menempelkan di wilayah TPS. PPS Karangan dan Buluagung adalah contoh dari PPS yang sudah mengumumkan meski belum semua DPS terpasang.

DPS Pilgub Jatim 2018 merupakan hasil dari pencoklitan dan pemutahiran data pemilih, sangat penting untuk secepatnya di umumkan. Dimungkinkan daftar pemilih masih ada yang belum valid atau dimungkinkan pula ada calon pemilih yang belum terdaftar. Inilah sebagian  wujud keseriusan dan ketransparanan penyelenggaraan Pilgub Jatim 2018 melalui badan ad hoc di semua tingkatan di kecamatan Karangan.

Sebagai komitmen bersama antara PPK dan PPS dalam menyampaikan pengumuman DPS, pemasangannya pada hari Sabtu tanggal 24 Maret 2018 atau satu hari setelah DPS diterima oleh PPS. PPS Se-Kecamatan karangan tersebar di 12 desa melakukan penempelan pengumuman mulai pagi, siang dan juga sore hari bahkan ada yang berlangsung sampai malam hari. Penempelan juga di lakukan di 80 wilayah TPS.

Saat dilakukan monitoring terlihat beberapa DPS ditempatkan di sekretariat PPS atau di papan pengumuman desa, ada pula penempelan DPS di Calon TPS serta ada pula yang di tempel di wilayah TPS pada tempat umum. Seperti halnya PPS Desa Salamrejo menempelkan pengumuman DPS untuk beberapa TPS di pos Kampling. "Kami berupaya agar DPS dapat dibaca oleh semua orang. Bila ada kesalahan atau belum terdaftar bisa disampaikan ke PPS. Hal ini bertujuan jangan sampai masyarakat yang punya hak pilih tidak terdapat, agar penyelenggaraan Pilgub Jatim 2018 ini bener bener berkualitas", jelas ketua PPS Salamrejo, Abdul Naf'an.

Pengumuman DPS ini sesuai dengan tahapan selama 10 hari, apabila tidak ada tanggapan atau usulan dari berbagai pihak maka DPS bisa disiapkan untuk menjadi DPT. Sampai saat ini jumlah DPS Se-Kecamatan Karangan diketahui sesuai hasil DPHP 38.061 pemilih.  [Sunu]

 

     

@KPU_ID

#Trending News

KPU Trenggalek

Statistik

 

Alamat

KPU KAB TRENGGALEK

Jln. Raya Trenggalek - Ponorogo Km. 03

Telp/Fax : (0355) 796304–796310

Email : mediacenter@kpu-trenggalekkab.go.id