user_mobilelogo

DCS DIUMUMKAN, MASYARAKAT BISA MEMBERIKAN TANGGAPAN

KPU TRENGGALEK HADIRI RAKOR PERSIAPAN PENYUSUNAN DAFTAR CALO...

PPS KAYEN PASTIKAN DAFTAR PEMILIH UNTUK PEMILIHAN UMUM TAHUN...

KPU TRENGGALEK HADIRI FGD PENYUSUNAN TRENGGALEK DALAM ANGKA

DCS DIUMUMKAN, MASYARAKAT BISA MEMB...

KPU TRENGGALEK HADIRI RAKOR PERSIAP...

PPS KAYEN PASTIKAN DAFTAR PEMILIH U...

KPU TRENGGALEK HADIRI FGD PENYUSUN...

 

KPU-TRENGGALEKKAB.GO.ID. Hari  kedua acara Bimbingan Teknis Kehumasan, Media Center, dan Pelayanan Informasi Pilkada Serentak tahun 2018  kemarin (Selasa, 05/12/2017) tak kalah menarik. Karena materi bimtek yang disampaikan memberikan wawasan yang amat berharga terkait dengan pentingnya posisi media yang dibuat KPU Kabupate/Kota sebagai salah satu sarana untuk membangun kehumasan (public relation).

Materi yang disampaikan oleh Yuli Akhmada  menyadarkan para peserta bimtek akan pentingnya teknik-teknik jurnalistik dalam membangun citra lembaga maupun hubungan dengan masyarakat untuk tujuan-tujuan yang lebih baik guna mendukung keberhasilan KPU sebagai lembaga publik.

Dalam paparannya, Yuli mengingatkan bahwa teknik-teknik jurnalistik yang baik dan serius akan bisa membantu KPU sebagai lembaga publik untuk berinteraksi dengan masyarakat dalam mendukung kegiatan-kegiatannya dan menyampaikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Teknik-teknik jurnalistik mulai penulisan berita hingga pengemasannya yang lebih berkualitas akan mempengaruhi citra lembaga.

Yuli mengungkapkan pertanyaan, apakah yang perlu diprioritaskan adalah yang penting dulu atau yang menarik dulu. Keduanya, menurut editor Surya itu, merupakan perdebatan dalam dunia jurnalisme. “Masyarakat perlu disuguhkan hal-hal yang penting bagi mereka, tapi masyarakat juga akan membaca berita yang menurut mereka menarik” papar Yuli.

Sementara itu, menurut Nurani Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM), tujuan dari media yang dibuat KPU sebenarnya lebih kepada hal-hal yang perlu diinformasikan kepada masyarakat. Hal-hal yang wajin diinformasikan tentunya adalah hal penting dan mendesak. “Misalnya berita tentang pengumuman siapa yang lolos PPK dan PPS, itu kan yang ditunggu-tunggu”, tegas Nurani.

Ditemui di meja kerjanya hari ini, Nurani menambahkan bahwa ada tujuan lain dari pemberitaan di media, terutama media online. Menurutnya, semakin banyak berita tentang kegiatan KPU, maka citra lembaga juga akan meningkat. “Karena yang diberitakan adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan”, kata Nurani.

Diakui Nurani bahwa bimtek Kehumasan yang diadakan KPU Propinsi Jawa Timur semakin menegaskan kesadaran bahwa fungsi informasi punya peran penting yang harus terus dimaksimalkan. Sebab, kata Nurani, cara menghubungkan lembaga KPU dengan masyarakat yang paling efektif adalah melalui media ini. “Cara yang efektif, dibanding mendatangi satu persatu, apa lagi dengan semakin banyaknya akses masyarakat ke internet”, imbuh pria berkepala botak ini. [Meris]

Statistik

 

Alamat

KPU KAB TRENGGALEK

Jln. Raya Trenggalek - Ponorogo Km. 03

Telp/Fax : (0355) 796304–796310

Email : mediacenter@kpu-trenggalekkab.go.id