KPU TRENGGALEK AKAN KEMBALI MENGGELAR JALAN SEHAT

KETUA KPU TRENGGALEK HADIRI PENYUSUNAN DAPIL DAN ALOKASI KURSI DPRD JATIM

KPU TRENGGALEK SOSIALISASIKAN PETA DAPIL PADA ORMAS DAN LSM

PPK BEBERAPA KECAMATAN TRENGGALEK SUDAH MULAI MELAKUKAN KORDINASI DAN SOSIALISASI AWAL

ADA PENAMBAHAN ALOKASI KURSI DPRD JATIM UNTUK DAPIL TRENGGALEK, PONOROGO, PACITAN, MAGETAN, NGAWI: DARI 9 KURSI MENJADI 12 KURSI

MENELISIK POSISI TRENGGALEK DALAM PERUBAHAN DAPIL DAN ALOKASI KURSI DPRD PROPINSI JAWA TIMUR

KPU JATIM: PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH ADALAH "CORE BUSINESS" DALAM PEMILIHAN

KPU-TRENGGALEKKAB.GO.ID. - Tahapan pemutakhiran   data pemilih (Mutarlih) juga merupakan salah satu materi penting yang dibahas dalam  Bimbingan Teknis Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018, Senin (13/11/2017) di Harris Hotel & Conventions Malang. Materi tentang Mutarlih disampaikan pada sesi kedua tadi  malam, dengan pemateri Khoirul Anam, komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Jawa Timur.

Di awal pemaparan materinya, Anam menegaskan bahwa kegiatan  pemutakhiran data pemilih  merupakan kegiatan yang paling menyibukkan dan butuh perhatian yang cukup besar bagi KPU. Ia menyebut kegiatan tersebut adalah "core business"  dalam setiap penyelenggaraan pemilihan. Sebab, menurut Anam, Mutarlih membutuhkan waktu yang lama, melibatkan banyak petugas, dan berkaitan dengan upaya menjamin hak konstitusional warga sebagai pemilik hak pilih.

"Kegiatan Mutarlih dilakukan hingga hari pencoblosan, untuk memastikan setiap warga terjamin hak pilihnya", kata Anam.

Anam menambahkan bahwa KPU Jawa Timur telah membuat alur kerja yang lebih detail bagi kegiatan pemutakhiran data pemilih yang akan mamandu kegiatan itu supaya lebih mudah bagi KPU Se-Jawa Timur untuk menjalankan kegiatan tersebut.

Ia menegaskan bahwa kegiatan Mutarlih akan mulai pada akhir bulan ini, dimulai dengan penyerahan DP4 dari Kementerian Dalam Negeri  kepada KPU RI. Kemudian yang terpenting adalah kegiatan pencocokan dan penelitian yang melibatkan PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih), di mana penyampaian materinya harus detail.  "Paling tidak PPK harus menjadi pemateri bimteknya, jangan diserahkan semata pada PPS", pesan Anam. [Meris]

Statistik

 

Ayo Nyoblos Rekk!!

Alamat

KPU KAB TRENGGALEK

Jln. Raya Trenggalek - Ponorogo Km. 03

Telp/Fax : (0355) 796304–796310

Email : mediacenter@kpu-trenggalekkab.go.id