id ID en EN

KPU-TRENGGALEKKAB.GO.ID.  Untuk mendukung proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, Gembong Derita Hadi Divisi Teknik dan Data KPU Kabupaten Trenggalek hari ini Jumat (05/08/2016) pukul 10.00 berkunjung ke LAPAS (Lembaga Pemasyarakatan) Trenggalek. Kunjungan kerja ini memiliki makna penting bagi penyelenggra pemilu untuk berkoordinasi dalam hal pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Karena di Lapas juga terdapat warga Trenggalek yang punya hak pilih dalam tiap momen kepemiluan. Mereka punya hak yang sama untuk memilih sebagaimana  warga negara lainnya yang harus di jamin hak konstitusionalnya.

Dalam kordinasi ini, Gembong ditemui  Khoiri, petugas bagian pembinaan kepribadian Lapas Trenggalek. Setelah Gembong menyampaikan maksudnya, Khoiri menerangkan tentang kondisi penghuni Lapas. Menurutnya, tidak semua penghuni Lapas orang Trenggalek.

Gembong menerangkan bahwa tidak berasal dan beralamat di Trenggalek juga tak apa-apa dan harus tetap didata karena konteksnya bukan pendataan pemilihan untuk Pilkada Kabupaten Trenggalek. “Pemilu terdekat adalah pemilu untuk memilih Gubernur dan Wakilnya di jatim”, paparnya.

Pihak Lapas memberikan keterangan bahwa ada 162 warga Lapas saat ini. Di antara jumalh itu, ada 6 perempuan dan 1 anak. Tetapi saat Gembong mau pulang dari Lapas, tiba di pintu gerbang Lapas, ada 10 tahanan lagi yang didatangkan dari Polres ke Lapas tersebut.

Menurut keterangan Gembong, hari ini dia mendapatkan jumlah penghuni Lapas. “Untuk data pemilih, akan disiapkan dan kita harus ke Lapas lagi untuk mengambilnya”, kata pria berambut cepak ini. [Hupmas]