CEGAH PENULARAN COVID-19, KPU TRENGGALEK AKAN ADAKAN RAPID TEST

  • Kategori: Headline
  • Dilihat: 19
Ratings
(0)

KPU-TRENGGALEKKAB.GO.ID — Pelaksanaan kegiatan pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih dilakukan dengan cara ‘door to door’ atau mendatangi dari rumah ke rumah. Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) wajib mendata secara langsung masyarakat yang memiliki hak pilih.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, PPDP sebagai garda terdepan Pemutakhiran Data Pemilih sangat rentan tertular dan dikhawatirkan dapat menulari masyarakat pemilih yang didatanginya. Untuk itu, perlu melengkapi PPDP dengan Alat Pelindung Diri (APD) dan juga melakukan pemeriksaan kesehatan calon PPDP melalui rapid test.

“Tahapan coklit di tengah pandemi Covid-19 sangat berat, masyarakat takut tertular petugas yang datang begitu pula petugas takut tertular Covid-19. Perlu adanya perlindungan terhadap keselamatan PPDP dan pemilih “, ujar Gembong DH, Ketua KPU Kabupaten Trenggalek mengawali Rapat Pleno sore ini, Jumat, 3 Juli 2020, di Ruang Rapat KPU Kabupaten Trenggalek.

Lebih lanjut Gembong mengharapkan agar pengadaan APD sesuai dengan Surat Edaran KPU RI harus segera dilakukan mengingat tahapan Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih sedang berjalan.

Menyikapi hal tersebut, Wiratno, Sekretaris KPU Kabupaten Trenggalek menyatakan siap melaksanakan pengadaan APD dan rapid test untuk PPDP secepatnya agar tidak terjadi penularan Covid-19.

Ditambahkan oleh Nurani, Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM bahwa KPU Kabupaten Trenggalek telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek dalam rangka pelaksanaan rapid test Covid-19. Rapid Test untuk PPDP akan dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu, tanggal 10 dan 11 Juli 2020.

Indra Setiawan, Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi berharap agar hal tersebut segera dilakukan agar tahapan Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek Tahun 2020 berjalan sukses. [WORO]

Artikel Terkait