KPU TRENGGALEK PRESENTASIKAN VIDEO DAN POSTER SOSIALISASI COKLIT PEMILIHAN 2020

  • Kategori: Headline
  • Dilihat: 200
Ratings
(0)

KPU-TRENGGALEKKAB.GO.ID — Dalam rangka memasuki masa pemutakhiran data pemilih yang nantinya akan dilakukan dengan melakukan kegiatan coklit (pencocokan dan penelitian) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) mulai tanggal 15 Juli 2020, KPU Propinsi Jawa Timur menghimbau agar KPU Kabupaten/Kota membuat media sosialisasi pada masyarakat, di antaranya adalah video dan desain poster yang disebarkan ke media sosial maupun dipasang di berbagai tempat.

Untuk memastikan bahwa KPU Kabupaten/Kota membuat media sosialisasi tersebut, 19 KPU kabupaten/kota yang diundang di acara Rapat Kordinasi Partisipasi Masyarakat pada tanggal 08-09 Juli 2020 diminta untuk membawa video dan desain poster tersebut. Bahkan Divisi Sosdikpih-Parmas&SDM yang hadir diminta untuk mempresentasikan karyanya. Salah satunya KPU Kabupaten Trenggalek yang diwakili oleh Nurani selaku divisi tersebut.

Dalam presentasinya, Nurani menjelaskan bahwa video dan desain poster yang dibuatnya mengambil tema jauhi ketakutan karena PPDP yang akan mencoklit dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) dan menggunakan protokol kesehatan. Dalam video yang ditayangkan di depan hadirin, tergambar bagaimana dalam sebuah rumah seorang bapak dibombardir dengan berita korban penularan pandemi Covid-19, lalu di hari berikutnya datang petugas PPDP yang mengetok pintu. Warga yang didatangi PPDP itu tampaknya enggan membukakan pintu, kemudian dari luar rumah petugas PPDP memberikan penjelasan.

Kemudian adegan berikutnya adalah penjelasan tentang pelaksanaan PPDP di era “new normal” oleh Komisioner Divisi Data dan Informasi Muhammad Indra Setiawan. Melalui video ini KPU Kabupaten Trenggalek menyampaikan pesan bahwa warga jangan takut akan kedatangan PPDP yang memakai alat pelindung diri. Juga diinformasikan kapan warga akan didatangi oleh petugas pemutakhiran data pemilih itu. Demikian juga yang tergambar dari desain poster yang nantinya akan dicetak dan disebarkan! [Woro]

Related Articles