ARAHAN KETUA DKPP PADA KOMISIONER KPU DI MANADO

  • Kategori: Headline
  • Dilihat: 118
Ratings
(0)

 

 

KPU-TRENGGALEKKAB.GO.ID— Salah satu pesan yang menarik kepada para komisioner KPU yang hadir  dalam pembukaan acara Konsolidasi Partisipasi Masyarakat di Manado Sulawesi Utara pada tanggal 12 September malam adalah dari Prof. Dr. Harjono Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Ia mengatakan bahwa ketika komisioner KPU mau menjadi penyelenggara Pemilu, artinya harus berani dan mau menghibahkan atau mengurangi haknya, yaitu hak kebebasan berpendapat. “Karena pada saat menjadi penyelenggara Pemilu harus independen”, tegas Prof. Haryono.

Ia  menilai bahwa penyelenggara Pemilu merupakan sebuah profesi yang mulia. Ditambahkan bahwa ada perbedaan besar antara penyelenggara Pemilu dengan warga negara biasa. Setiap warga negara, kata Harjono, memang memiliki hak yang sama untuk berserikat, berkumpul dan menyatakan pendapat. Tetapi untuk komisioner KPU hal itu harus dibatasi. “Di tengah-tengah hak yang dijamin konstitusi, Bapak/Ibu sekalian bersedia untuk independen. Oleh karena itu, patutlah para penyelenggara pemilu dianggap sebagai pahlawan-pahlawan demokrasi,” imbuhnya.

Harjono mengingatkan agar semua penyelenggara Pemilu tetap memiliki tekad dan usaha untuk memperbaiki sistem kepemiluan di Indonesia. Perbaikan ini disebutnya tidak hanya dalam aspek prosedural saja, melainkan juga pada aspek substantif. “Marilah kita bangun, karena dengan membangun demokrasi di negara kita, insya allah NKRI akan tetap bertahan,” kata mantan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

Selain Harjono, ada pembicara lainnya dalam acara diskusi publik yang dilaksanakan setelah pembukaan oleh Ketua KPU RI, di antaranya adalah    Zainudin Amali (Ketua Komisi II DPR RI) dan Moh. Afiffudin (Anggota Bawaslu RI).

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua dan semua Anggota KPU RI, yaitu Arief Budiman, Ilham Syahputra, Wahyu Setiawan, Pramono Ubaid Tanthowi dan Evi Novida Ginting Manik. Tak hanya itu, hadir juga Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Steven Kandouw, Ketua dan Anggota KPU Provinsi Sulawesi Utara serta Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara. [Hupmas]

 

Artikel Lainnya

PENGUMUMAN PENETAPAN 20 PESERTA WORKSHOP MENULIS ESAI LOMBA "LITERASI DEMOKRASI" DALAM PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI TRENGGALEK TAHUN 2020 PENGUMUMAN PENETAPAN 20 PESERTA WORKSHOP MENULIS ESAI LOMBA 21-08-2020 - kpu-trenggalekkab.go.id - Berikut disampaikan pengumuman Nomor: 716/PP.06.2-Pu/3503/KPU-Kab/VIII/2020 tentang PENETAPAN 20 PESERTA WORKSHOP MENULIS... Selengkapnya..
INGIN BENTUK PEMILIH KRITIS DAN AGEN PENDIDIKAN PEMILIH, KPU TRENGGALEK GELAR WORKSHOP LITERASI DEMOKRASI INGIN BENTUK PEMILIH KRITIS DAN AGEN PENDIDIKAN PEMILIH, KPU TRENGGALEK GELAR WORKSHOP LITERASI DEMOKRASI 22-08-2020 - KPU-TRENGGALEKKAB.GO.ID—Sebagai upaya meningkatkan kualitas pemilih atau kegiatan Pendidikan Pemililih (voters education), Komisi Pemilihan Umum (KPU)... Selengkapnya..
KPU TRENGGALEK HADIRI FGD KEHUMASAN DI ERA PANDEMI KPU TRENGGALEK HADIRI FGD KEHUMASAN DI ERA PANDEMI 24-08-2020 - KPU-TRENGGALEKKAB.GO.ID— Pada hari Selasa dan Rabu tanggal 24-25 Agustus 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek mengikuti Focus Group... Selengkapnya..
TERKAIT PEMERIKSAAN KESEHATAN PASANGAN CALON, KPU TRENGGALEK TANDATANGANI MoU TERKAIT PEMERIKSAAN KESEHATAN PASANGAN CALON, KPU TRENGGALEK TANDATANGANI MoU 24-08-2020 - KPU-TRENGGALEKKAB.GO.ID— Bertempat di Aula Kantor KPU Provinsi Jawa Timur, pada hari Senin, 24 Agustus 2020, pukul 10.00 sampai pukul 12.00 WIB, KPU... Selengkapnya..
KPU TRENGGALEK SOSIALISASI PEMILIHAN 2020 DI JAMAAH MASJID DI DESA DUKUH WATULIMO KPU TRENGGALEK SOSIALISASI PEMILIHAN 2020 DI JAMAAH MASJID DI DESA DUKUH WATULIMO 24-08-2020 - KPU-TRENGGALEKKAB.GO.ID— Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek tahun 2020 semakin dekat. KPU Kabupaten Trenggalek terus melakukan sosialisasi... Selengkapnya..
PENYERAHAN DONASI KPU DAN PANITIA ADHOC DI TRENGGALEK KEPADA KELUARGA ALMARHUM JOVINSKY DISERAHKAN PENYERAHAN DONASI KPU DAN PANITIA ADHOC DI TRENGGALEK KEPADA KELUARGA ALMARHUM JOVINSKY DISERAHKAN 25-08-2020 - KPU-TRENGGALEKKAB.GO.ID— Jauh-jauh dari Trenggalek, Komisioner KPU kabupaten Trenggalek Nurani ikut meluncur ke Yogyakarta untuk bertemu langsung dengan... Selengkapnya..