KETUA KPU RI: PEMILU 2019 MENDAPATKAN APRESIASI INTERNASIONAL

 

 

KPU-TRENGGALEKKAB.GO.ID – Dalam sambutannya di acara pembukaan rapat Kordinasi Partisipasi Masyarakat di Manado pada tanggal 12 September 2019, Ketua KPU RI Arif Budiman juga menyampaikan informasi yang menggembirakan.

Salah satunya adalah tentang bagaimana Pemilu 2019 yang dilakukan secara serentak mendapatkan apresiasi dari publik internasional. “Pemilu yang paling besar dan paling rumit di dunia ternyata berhasil dengan baik dan transparan, itulah yang membuat mereka kagum pada apa yang kita lakukan”, paparnya.

Pernyataan ketua KPU RI tersebut kontan mendapatkan tepuk tangan yang meriah dari hadirin, hingga gedung pertemuan Pemprov Sulawesi Utara Kota bergemuruh. Ketua KPU Arif Budiman juga menyampaikan ucapan terimakasih pada semua jajaran KPU daerah yang hadir yang telah mendukung terlaksananya Pemilu 2019 secara aman dan sukses.

Ia melanjutkan, negara lain merasa kagum karena  peserta pemilu tidak hanya menerima hasil akhir namun dapat melihat semua proses termasuk dokumen penghitungan mulai dari tingkat TPS hingga rekapitulasi berjenjang hingga tingkat nasional. “Kecepatan proses dan hasil merupakan hal yang mengagumkan, meskipun efeknya pada nasib penyelenggara ad hoc perlu kita jadikan catatan untuk perbaiki Pemilihan berikutnya”, tambahnya. [Hupmas]