KPU TRENGGALEK HADIRI RAKOR PARTISIPASI MASYARAKAT DI MANADO

  • Kategori: Headline
  • Dilihat: 109
Ratings
(0)

 

 

 

KPU-TRENGGALEKKAB.GO.ID – Untuk melakukan evaluasi terhadap tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Umum Serentak 2019 dan mempersiapkan peningkatan partisipasi pemilih dalam Pilkada 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) melakukan kegiatan rapat kordinasi regional.

Dalam acara yang dilaksanakan mulai tanggal 12 hingga 14 September 2019 di bertempat di Manado, ibukota Sulawesi Utara ini, KPU Kabupaten Trenggalek juga hadir, diwakili oleh Komisioner divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) Nurani dan Kasubag Teknis-Hupmas Puguh Budi Utomo. Hadir pula   anggota KPU Provinsi dan KPU Kab/Kota di 10 provinsi, antara lain dari  Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi, hingga Papua.

Acara dibuka di kantor Gubernur Sultra, yang juga menghadirkan selain KPU RI, antara lain dari  Bawaslu RI, Ketua DKPP serta Komisi II DPR RI serta Pimpinan Pemprov Sulawesi Utara. Ketua KPU RI Arif Budiman dalam sambutannya mengatakan bahwa  ada beberapa catatan-catatan penting yang layak dicatat dalam Pemilu 2019.

Diinformasikan oleh Arif Budiman bahwa pada Pemilu 2019, baik pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilu DPR, DPD dan DPRD tingkat partisipasi masyarakat mampu mencapai angka 82%. Jumlah ini jauh melebihi target yang ditetapkan secara nasional sebesar 77,5%. “Bahwa meskipun partisipasi masyarakat pada pemilu 2019 melebihi target, namun harus tetap dilakukan evaluasi menyeluruh”, tegas Arif.

Meskipun partisipasi meningkat dan memuaskan, setidaknya ada gejala-gejala yang perlu diwaspadai untuk masa-masa mendatang, misalnya adalah gencarnya berita hoaks yang masih akan muncul dalam Pilkada 2020. Juga terkait penyelenggara pemilu dalam peningkatan partisipasi masyarakat, strategi sosialisasi termasuk pengelolaan akses informasi terhadap melalui media web KPU yang perlu dimaksimalkan. [Hupmas]

 

 

 

Artikel Lainnya

PENGUMUMAN PENETAPAN 20 PESERTA WORKSHOP MENULIS ESAI LOMBA "LITERASI DEMOKRASI" DALAM PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI TRENGGALEK TAHUN 2020 PENGUMUMAN PENETAPAN 20 PESERTA WORKSHOP MENULIS ESAI LOMBA 21-08-2020 - kpu-trenggalekkab.go.id - Berikut disampaikan pengumuman Nomor: 716/PP.06.2-Pu/3503/KPU-Kab/VIII/2020 tentang PENETAPAN 20 PESERTA WORKSHOP MENULIS... Selengkapnya..
INGIN BENTUK PEMILIH KRITIS DAN AGEN PENDIDIKAN PEMILIH, KPU TRENGGALEK GELAR WORKSHOP LITERASI DEMOKRASI INGIN BENTUK PEMILIH KRITIS DAN AGEN PENDIDIKAN PEMILIH, KPU TRENGGALEK GELAR WORKSHOP LITERASI DEMOKRASI 22-08-2020 - KPU-TRENGGALEKKAB.GO.ID—Sebagai upaya meningkatkan kualitas pemilih atau kegiatan Pendidikan Pemililih (voters education), Komisi Pemilihan Umum (KPU)... Selengkapnya..
KPU TRENGGALEK HADIRI FGD KEHUMASAN DI ERA PANDEMI KPU TRENGGALEK HADIRI FGD KEHUMASAN DI ERA PANDEMI 24-08-2020 - KPU-TRENGGALEKKAB.GO.ID— Pada hari Selasa dan Rabu tanggal 24-25 Agustus 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek mengikuti Focus Group... Selengkapnya..
TERKAIT PEMERIKSAAN KESEHATAN PASANGAN CALON, KPU TRENGGALEK TANDATANGANI MoU TERKAIT PEMERIKSAAN KESEHATAN PASANGAN CALON, KPU TRENGGALEK TANDATANGANI MoU 24-08-2020 - KPU-TRENGGALEKKAB.GO.ID— Bertempat di Aula Kantor KPU Provinsi Jawa Timur, pada hari Senin, 24 Agustus 2020, pukul 10.00 sampai pukul 12.00 WIB, KPU... Selengkapnya..
KPU TRENGGALEK SOSIALISASI PEMILIHAN 2020 DI JAMAAH MASJID DI DESA DUKUH WATULIMO KPU TRENGGALEK SOSIALISASI PEMILIHAN 2020 DI JAMAAH MASJID DI DESA DUKUH WATULIMO 24-08-2020 - KPU-TRENGGALEKKAB.GO.ID— Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek tahun 2020 semakin dekat. KPU Kabupaten Trenggalek terus melakukan sosialisasi... Selengkapnya..
PENYERAHAN DONASI KPU DAN PANITIA ADHOC DI TRENGGALEK KEPADA KELUARGA ALMARHUM JOVINSKY DISERAHKAN PENYERAHAN DONASI KPU DAN PANITIA ADHOC DI TRENGGALEK KEPADA KELUARGA ALMARHUM JOVINSKY DISERAHKAN 25-08-2020 - KPU-TRENGGALEKKAB.GO.ID— Jauh-jauh dari Trenggalek, Komisioner KPU kabupaten Trenggalek Nurani ikut meluncur ke Yogyakarta untuk bertemu langsung dengan... Selengkapnya..