RUMAH PINTAR PEMILU VOTE KPU TRENGGALEK IKUT GERAKAN PEMASYARAKATAN MINAT BACA (GPMB)

 

TRENGGALEKKAB.GO.ID— Pada hari Selasa (17/09/2019), Rumah Pintar Pemilu (RPP) “VOTE” Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek ikut berpartisipasi dalam mendirikan sebuah gerakan literasi yang dinamakan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) bersama komunitas masyarakat, komunitas literasi, perpustakaan desa, dan taman bacaan masyarakat yang ada di Trenggalek.

Dalam kegiatan yang diorganisir oleh Dinas Perpustakaan da Arsip Daerah Kabupaten Trenggalek ini, RPP Vote diwakili oleh Nuran (Komisioner KPU Kabupaten Trenggalek divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia) dan Merischa Rachma (tenaga pendukung bidang humas). Bahkan Nurani diminta untuk memimpin jalannya rapat pembentukan.

Selain RPP Vote, yang hadir dalam rapat pendirian Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Trenggalek ini dihadiri antara lain adalah Quantum Litera Center (QLC), Taman Bacaan SEKAR, Yayasan Taman Ilmu, Lembaga Penerbitan Mahasiswa Galery STIT Sunan Giri Trenggalek, Komunitas Belajar Budi Acarya, Komunitas Sembilan Mutiara, Perpustakaan Sekolah SMAN 1 Karangan, dan para tokoh literasi. Para pegiat literasi sepakat untuk membentuk pengurus yang akan melakukan kegiatan-kegiatan kampanye budaya baca melalui kerja bidang-bidangnya.

Menurut Nurani, kegiatan pemasyarakatan budaya baca sangat sesuai dengan visi misi Rumah Pintar Pemilu Vote KPU Kabupaten Trenggalek yang ingin mencerdaskan masyarakat dengan cara membaca buku atau tulisan terkait upaya meningkatkan pengetahuan dan wawasan. “Termasuk wawasan tentang demokrasi, politik, pemilu dalam upaya menciptakan pemilih yang cerdas dan punya pengetahuan agar partisipasinya lebih aktif”, tegas Nurani.

Acara dilaksanakan mulai pukul 08.30 WIB di Aula lantai II Kantor KPPM Trenggalek. Dimulai dengan sambutan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Drs Catur dan testimoni budaya baca dari Komunitas QLC trenggalek. Setelah itu langsung dilanjutkan pembentukan pengurus dan pembagian bidang-bidang. Muhammad Zamzuri dari QLC terpilih sebagai ketua GPMB Trenggalek. Rencananya pengurus akan dilantik setelah menunggu SK dari Bupati Trenggalek dan surat dari Pengurus GPMB Jawa Timur. [Hupmas]