previous arrow
next arrow
Slider

RELAWAN DEMOKRASI TRENGGALEK SOSIALISASI PEMILU DI SMK ISLAM DONGKO

 

KPU-TRENGGALEKKAB.GO.ID— Kurangnya pengetahuan mengenai Pemilu serentak 2019 terjadi. Terlebih bagi orang yang baru berusia 17 tahun yang masih minim pengalaman mengenai pemilu. Menjadi semakin pelik ketika pilpres dan pileg kali ini diserempakkan dalam satu waktu. 

Alasan itulah yang membuat para Relawan Demokrasi Trenggalek terus melakukan sosialisasi agar masyarakat kian mudah memahami pemilu 2019 termasuk teknik-teknik pencoblosannya. Kamis, 28 Februari 2019. Relawan Demokrasi Trenggalek (RDT), Tri Nurfaida, Raisa, Julia  kembali melakukan kegiatan sosialisasi Pemilu serentak 2019 di SMK Islam Guppi Dongko.

Adapun hal-hal yang disosialisasikan di antaranya apa itu pemilu, nama partai, jenis surat suara, mekanisme pencoblosan, serta ajakan agar senantiasa untuk menolak ‘money politic’. “Bagaimana betapa ruginya diri kita rendahnya harga suara kita hanya dengan uang 50.000 untuk 5 tahun, yang jika dihitung nyoblos itu satu hari nilainya tidak sampai Rp 25.-“, tegas Raisa.

Jam menunjukan pukul 11 dan hari semakin terasa panas, anak-anak lebih cenderung gaduh. Akhirnya Relawan Demokrasi meminta dari salah satu peserta untuk mencoba menjelaskan kembali dengan paparan tersebut. Dengan dalih jika berhasil maka akan diberi hadiah. M. Saiful Anam siswa kelas 8 mencoba menjelaskan apa yang dia serap dari paparan Relawan Demokrasi. Tingkah anak ini sempat membuat yang lain tertawa karena gaya bahasa yang lucu.

Dari sini dapat dilihat bahwa siswa-siswi lebih antusias mengikuti kegiatan dengan metode bermain dan melibatkannya langsung dalam interaksi pada kegiatan sosialisasi Pemilu serentak tahun 2019. [RDT]