previous arrow
next arrow
Slider

KPU TRENGGALEK TERIMA SURAT SUARA DPR RI

  

 

KPU-KABTRENGGALEK.GO.ID Hari ini Kamis,  14 Maret 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek menerima pengiriman Surat Suara DPR RI untuk Pemilu 2019. Surat suara yang dicetak oleh PT.  Temprina Media Grafika Nganjuk dikirim dengan dijemput langsung oleh Suripto ketua KPU Trenggalek selaku Divisi Logistik dikawal ketat dari Kepolisian Resort Trenggalek bersama Bawaslu Trenggalek.

Begitu pentingnya surat suara sebagai logistik pemilu pengawalan distribusi dari percetakan hingga diterima KPU Trenggalek melibatkan 8 personil dari kepolisian terdiri dari 3 orang patwal depan dari satlantas,  3 orang buser dan intel serta 2 personil dari Sabhara di mobil paling belakang. Sementara itu KPU dan Bawaslu Kabupaten Trenggalek berada di mobil urutan kedua dan ketiga persis dibelakang mobil patwal.  Sedangkan 4 truck yang membawa surat suara berada pada urutan keempat,  kelima, keenam dan ketujuh.

Tepat pukul 14.10 WIB angkutan ekspedisi surat suara telah selesai muat dan dilakukan penyegelan terlebih dahulu oleh Ketua KPU Trenggalek disaksikan Kepolisian dan Bawaslu.  Kemudian pada pukul 14.20 bergeser meninggalkan PT Temprina Media Grafika menuju tempat penimbangan dan langsung berjalan menuju gudang KPU Trenggalek yang bertempat di gedung Serbaguna.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 2 jam 40 menit dengan kecepatan 50-60 km/jam, kendaraan ekspedisi surat suara sampai di Trenggalek tepat pukul 17.00 dan langsung dibongkar untuk diserahterimakan kepada KPU Trenggalek. Sebelum dilakukan penandatanganan berita acara serah terima barang oleh petugas PPHP (Panitia Penerima Hasil Pekerjaan), Atok Kris Supanto bersama Yuyun Dwi Puspitasari dan Chormen Rukmawan melakukan penghitungan terlebih dahulu berdasarkan jumlah box.

Perlu diketahui bahwa surat suara yang dicetak sebesar DPT + 2% adalah sebanyak 591.561 dari DPT srbesar 581.749. Sehingga jumlah surat suara DPR RI yang dikirim hari ini sebanyak 1183 box dan satu box berisi 122 surat suara. Adapun setiap box penuh berisi 500 lembar surat suara.

Selanjutnya surat suara tersebut langsung akan dilakukan penyortiran dan pelipatan mulai hari Jumat,  15 Maret 2019 mulai pukul 07.30-16.00. Proses sortir dan pelipatan yang difokuskan di gedung serbaguna akan melibatkan 200 orang yang dibagi menjadi 20 kelompok, setiap kelompok 10 orang. Sehingga waktu yang dibutuhkan untuk satu jenis surat suara diperkirakan akan memakan waktu 3-4 hari. [Hupmas]