previous arrow
next arrow
Slider

 

 

KPU-TRENGGALEKKAB.GO.ID— Pada Hari Rabu kemarin (06/03/2019), Relawan Demokrasi Trenggalek (RDT) Segmen "Berkebutuhan Khusus" menggelar acara Sosialisasi Pemilu 2019. Acara dilaksanakan di aula Desa Senden kecamatan Kampak dengan Tema "Pemberdayaan Masyarakat Petani Demi Kemajuan Negeri".

Acara dimulai pukul 10.00 WIB ini dihadiri sekitar 100 orang yang berasal dari kelompok masyarakat Petani dan Buruh Tani yang berasal dari wilayah sekitar Kecamatan kampak, utamanya masyarakat Desa Senden. Aula Kantor Desa Senden Kecamatan Kampak memang dijadikan tempat acara ini.

Sosialisasi diawali dengan pembacaan Surat Alfatihah dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Acara yang dibuka langsung oleh ketua segmen kebutuhan khusus   ini mendapat antusiasme yang luar biasa dari peserta sosialisasi. Dalam sambutanya, kordinator segmen Kebutuhan Khusus, Yenu,  mengatakan bahwa acara ini tidak ada unsur untuk mendukung salah satu Paslon maupun salah satu Partai. Ia menjelaskan bahwa KPU Trenggalek selaku penyelenggara bersifat NETRAL.

Setelah pembukaan, sambutan diteruskan oleh Kepala Desa Senden dengan materi tentang ajakan kepada masyarakat kecamatan Kampak, Desa Senden untuk meningkatkan produktivitas pertanian dalam negeri dan juga untuk ikut menyukseskan Pemilu 17 April 2019 ini. Sehabis materi dari Kepala Desa Senden kecamatan Kampak, Materi yang kedua dijelaskan oleh Dr. Suripto selaku Ketua KPU Kabupaten Trenggalek.

Ketua KPU Kabupaten Trenggalek menjelaskan tentang dasar hukum Pemilu 2019, pentingnya pemilu dalam demokrasi, calon dan peserta pemilu, hingga tahapan dan teknis-teknis Pemilu 2019. Suripto menegaskan bahwa golput bukanlah sebuah solusi. “Karena suara rakyat menentukan arah kemajuan negeri ini”, tegasnya.

Dengan menggunakan Alat Peraga berupa contoh Surat suara Calon Presiden dan Calon anggota Dewan, ketua KPU Kabupaten Trenggalek menjelaskan tentang jenis, warna, dan ukuran surat suara yang akan digunakan nantinya. Dia juga langsung mengajari audiens untuk memahami bagaimana cara pencoblosan yang sah dan tidak sah.

Seusai sambutan dari Ketua KPU Trenggalek, acara sosialisasi dilanjutkan oleh Yatno yaitu tentang Pemberdayaan Masyarakat petani dan buruh tani untuk meningkatkan produktivitas pertanian untuk memasok kebutuhan masyarakat dalam negeri. Yatno menjelaskan bahwa pentingnya memanfaatkan kelompok-kelompok petani untuk dapat menyuplai hasil pertanian demi tercukupinya kebutuhan para konsumen. Dan tidak kalah pentingnya juga untuk Petani dan juga Buruh tani supaya keberlangsungan hidup masyarakat di negeri ini dapat berlangsung baik. Tidak lupa pula Yatno juga memberikan arahan tentang ajakan untuk menyukseskan Demokrasi demi keberlangsungan masyarakat petani dan buruh tani.

Seusai sambutan dari Bpk Yatno, acara sosialisasi ditutup dengan bacaan Do'a dan dilanjutkan pembagian souvernir gantungan kunci yang berasal dari relawan Demokrasi yang berlogokan KPU dan ajakan untuk mencoblos dan mensukseskan pemilu pada 17 April 2019 mendatang. [RDT]