previous arrow
next arrow
Slider

KPU-TRENGGALEKKAB.GO.ID—Relawan Demokrasi (Relasi) Trenggalek kembali menggelar sosialisasi tentang pentingnya berpartisipasi dalam Pemilu 2019 mendatang. Sosialisasi menyasar jamaah manaqib Muslimat dan Fatayat Desa Panggul tepatnya di salah satu mushola di dusun Bakalan pada Selasa (26/2/2019) pagi.

Siti Musyarofah, salah satu anggota relawan demokrasi Trenggalek, menyampaikan kepada jamaah bahwa Pemilu tahun ini berbeda dengan Pemilu sebelumnya karena warga akan mencoblos sebanyak lima jenis surat suara mulai dari surat suara presiden-wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

Selain memperkenalkan lima jenis surat suara, anggota relasi asli Panggul ini juga menggelar simulasi pencoblosan. "Ya kita simulasikan agar hari-H nanti tidak terjadi kebingungan dalam mencoblos," ujarnya.

Sifa juga menyampaikan cara pindah memilih jika ada warga yang pada tanggal 17 April nanti tidak bisa berada di tempat domisilinya, misalnya  sedang belajar dan bekerja di luar kota. Caranya adalah mengurus Form A5 ke PPS atau KPU. Selain itu, Sifa juga mengatakan bahwa fenomena politik uang juga harus dihindari karena jika Caleg jadi karena memberi uang maka kemungkinan besar akan cari ganti modal.

Binti salah seorang jamaah mengaku senang dengan sosialisasi tersebut karena dirinya tahu bahwa partisipasi Pemilu sangat penting untuk memilih wakil rakyat.  Acara berlangsung selama kurang lebih setengah jam dan diikuti sekitar 150 jamaah ini memang berlangsung dalam suasana yang menyenangkan. [RDT]