id ID en EN

SURABAYA, 04/02/2019— Ketua KPU Trengaalek Dr. Suripto, SAg, MPd.I hari ini, Senen tanggal  4 Pebruari 2019, mengikuti Rapat Koordinasi Ketertiban dan Keamanan yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Acara bertempat  di Grand City Surabaya tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Jatim Dr.  H.  Soekarwo,  SH,  MHum  dan dihadiri oleh seluruh jajaran Porkopimda Jatim, Forkopimda 38 Kab/Kota  dan Forkopimcam Se-Jawa Timur. Di samping itu kegiatan ini juga dihadiri Ketua KPU Provinsi dan Ketua KPU Kabupaten/Kota serta Ketua Bawaslu Jatim dan Ketua Wawaslu Kabupaten/Kota Se-Jatim.

Rangkaian seremonial acara dimulai tepat pukul 09.10 diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya diteruskan Mars Jawa Timur dan doa yang dipimpin oleh Drs.  H.  Mohammad Isa Ansori, MSi. Dalam acara sambutan dan pengarahannya Gubernur Jatim menyampaikan bahwa begitu pentingya acara ini beliau menegaskan posisi strategis Jatim dalam stabilitas sosial dan politik nasional harus dijaga kondusivitas keamanan dan ketertibannya menyongsong Pemilu 2019. “Karena keamanan akan sangat menentukan tingkat kesejahteraan masyarakat”, ungkapnya. 

Terkait pentingnya keamanan ini,  Soekarwo juga mengatakan bahwa dirinya mengusulkan melalui Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri agar Camat dikembalikan sebagai penanggung jawab wilayah bukan sekedar bagian dari OPD Pemerintah Kab/Kota.

Setelah sambutan dari Gubernur, acara dilanjutkan dengan paparan dari Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri,  Soedarmo. Pada kesempatan tersebut Mayjen TNI yang sejak 2015 lalu beralih status menjadi ASN ini memaparkan tentang peran pemerintah dalam pemilu 2019, yaitu: menyediakan DAK2 dan DP4, ikut menjaga keamanan TPS melalui Linmas,  menjaga netralitas ASN, memberikan kesempatan kampanye yang sama kepada peserta pemilu, membantu distribusi logistik, dan memantau pelaksanaan lemilu.

Dalam merespon usulan Gubernur tentang keberadaan camat,  Soedarmo menegaskan bahwa sesuai UU Nomor  23 Tahun 2014 tentang Pemda, Camat sudah berfungsi sebagai penanggungjawab wilayah,  makanya ditingkat Kecamatan juga ada Forkopimcam.

Adapun paparan materi ketiga adalah dari Kodam V Brawijaya yang disampaikan langsung oleh Pangdam R Wisnu Prasetyo Budi yang baru dilantik hari Kamis,  minggu lalu.  Materi terakhir disampaikan oleh Kapolda Jatim Drs.  Luki Hermawan,  MSi. [Hupmas]