previous arrow
next arrow
Slider

KPU TRENGGAK HARI INI MEMULAI BIMTEK PENYUSUNAN DPK, DPTb, DAN PERBAIKAN DPT DI KECAMATAN MUNJUNGAN

 

 

TRENGGALEK, 04/02/2019— Data pemilih terus mendapatkan perhatian dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), termasuk KPU kabupaten Trenggalek. Data pemilih ini dianggap akan berguna untuk mengetahui identitas pemilih  dan informasi data pemilih yang terus berubah (dinamis).

Karena itulah, hari ini KPU Kabupaten Trenggalek dibawah kordinasi Divisi Data dan Informasi Gembong Derita Hadi mengadakan kegiatan bimbingan teknis Penyusunan Daftar Pemilih Khusus (DPK), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan Perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Kegiatan ini dilakukan untuk penyelenggara Pemilu (PPK dan PPS) di Kecamatan Bendungan.

Semua ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan  Suara (PPS) se-Kecamatan Bendungan mendapatkan pemahaman cara menyusun daftar pemilih mulai pagi hingga siang. Acara bertempat di Kedai Makan Salesa Munjungan. Bimtek mulai jam 08.00 sampai 13.30 WIB. Tempat di Kedai Makan Salesa Munjungan.

Menurut Gembong Derita Hadi, PPK dan PPS akan bertugas untuk menyusun daftar pemilih DPK, DPTb, dan perbaikan DPT yang hasilnya akan direkap di tingkat kabupaten pada tanggal   17 Februari 2019. Cara penyusunannya DPK adalah dengan mendata pemilih yang  melakukan pindah pilih. “Sedangkan DPTb akan berisi data pemilih yang belum masuk DPT yang belum sempat dimasukkan data pemilih pada hal sudah punya e-KTP”, kata Gembong.

Sedangkan perbaikan DPT dilakukan dengan memperbaiki elemen pindah penduduk (nama, NIK, NKK, alamat, jenis kelamin, dll), nama ganda. Ada yang dicoret yaitu yang sudah meninggal dan pemilih ganda tetapi tidak mengurangi jumlah DPT  yang sudah ditetapkan sebagai dasar untuk pengadaan surat suara.  “Yang meninggal ya nantinya didata, di mana nama-nama ini nantinya tak akan dapat undangan memilih, demikian yang nama ganda tak akan diberi undangan ganda karena nama-namanya sudah kita identifikasi dan kita daftar”, imbuh komisioner asal Dongko ini.

Divisi Data dan Informasi (Datin) KPU Kabupaten Trenggalek mengadakan bimtek mulai hari ini di Kecamatan Munjungan dan akan berlanjut di kecamatan-kecamatan lainnya. “Hingga nantinya mereka akan menghasilkan daftar pemilih yang akan kita rekap di tingkat kabupaten”, imbuh Gembong. [Hupmas]