Workshop Jurnalisme Online untuk Pegawai KPU Kabupaten Trenggalek

KPU-TRENGGALEKKAB.GO.ID - Rabu 1 Juni 2016 pukul sekitar pukul 08.00 pagi. Suasana KPU Kabupaten Trenggalek tidak seperti biasanya. Hari itu adalah bertepatan dengan Hari Pancasila. Di Aula KPU Kabupaten Trenggalek yang berkapasitas 40-an orang itu, di hari-hari sebelumnya biasanya  ada empat dan lima orang yang duduk-duduk sambil  membaca koran langganan. Ada Harian Kompas dan Jawa Pos yang memang sering tergeletak di atas meja ruangan itu.

Tapi kali ini beda. Sejak pukul 08.00 pagi, belasan pegawai dan komisioner sudah berkumpul. Setelah petugas memasang LCD dan layar, para pegawai semakin banyak berdatangan masuk dan duduk di kursi yang disediakan. Hari itu ada acara yang tampaknya belum pernah dilakukan, yaitu workshop menulis berita.

Sebelum acara dimulai, para pegawai yang terkumpul bercakap-cakap soal apa saja. Kira-kira pukul 08.55, seorang  pegawai yang baru datang membuka pintu menyusul masuk. “Ada rapat toh? Rapat apa ini?”, tanyanya. “Rapat hari kelahiran Pancasila”, kata seorang yang duduk di pojok menjawab dengan bergurau.

Sepuluh menit kemudian, Ketua KPU Kabupaten Trenggalek yang sudah duduk di depan menyambar mikropon yang sudah terletak di meja depan ia duduk. Ia didampingi para anggota komisioner yang lain duduk di depan. Ia minta ijin untuk memulai.

Hari itu, KPU Kabupaten Trenggalek menindaklanjuti rencana tindak lanjut dari rakor dan diklat jurnalistik di KPU Propinsi Jawa Timur lima hari sebelumnya. Sebagaimana dikatakan ketua KPU Kabupaten  Trenggalek dalam sambutannya, “Workshop ini adalah instruksi dari KPU Propinsi untuk membuat diklat menulis berita online yang nanti akan mendukung maksimalnya keberadaan website yang harus kita update tiap hari”.

Ditambahkan oleh Ketua KPU Kabupaten Trenggalek bahwa diklat ini nantinya harus mencetak tiap pegawai menjadi penulis berita atau setidaknya reporter yang memberikan stok data, info, dan foto yang nanti akan diolah pihak redaksi. “Tapi kalau bisa apa salahnya kalau kita punya kemampuan menulis, itu justru akan menunjukkan peningkatan kapasitas kita”, kata Pria yang telah menjabat komisioner sejak tahun 2003 ini.

Berikutnya, kira-kira pukul 09.30, acara diklat dimulai dengan pemateri Divisi Sosialisasi KPU Kabupaten Trenggalek, Nurani, S.Sos. Sebelum masuk ke materi tentang bagaimana menulis berita, ia memaparkan tentang dasar dan tujuan kenapa kemampuan menulis berita online menjadi penting. “Bayangkan jika seluruh KPU Kabupaten Kota tiap hari menulis berita, maka ketika publik yang search google mencari berita tentang kepemiluan, kira-kira akan banyak sekali informasi yang akan tersedia dari tulisan KPU di berbagai kabupaten kota”, paparnya.

Kemudian Nurani dibantu dengan tayangan slide menyampaikan materi soal bagaimana cara menulis berita. Untuk mempermudah paparan, ia juga mengambil koran yang tergeletak di meja. Ia memberi contoh beberapa tulisan berita yang dimuat. Kemudian memberikan informasi tentang bagaimana menulis judul berita yang baik, kalimat awal berita (lead), tubuh berita, dan penutup berita.

Pria yang menjadi ayah dua anak ini juga menyinggung perbedaan antara beda berita media cetak dengan media online. “Jadi kalau kita bicara media online, sebenarnya kita dituntut pembaca yang jumlahnya banyak dan punya banyak pilihan. Otomatis kita dituntut untuk menulis banyak. Bahkan kalau media online komersial, satu peristiwa bisa ditulis dalam banyak  berita, diambil ‘angel’ yang beda-beda. Kenapa? Karena pembacanya butuh informasi yang bisa dilakukan kapan saja”, katanya.

Ia mengatakan bahwa KPU Kabupaten Trenggalek sebagai lembaga publik memang tak dituntut untuk menulis berita sebanyak media online komersial yang sering mengejar iklan. “Ya, setidaknya kalau tiap hari kita ada satu berita saja yang ditayangkan di website kita,  itu sudah luar biasa. Jadi mari teman-teman, setelah workshop ini selesai kita gunakan insting reporter kita untuk mencari berita sekitar kita. Semangat! Saya yakin bisa”, katanya menutup paparan di hari itu.

RPP VOTE

Alamat

Kantor KPU Kab. Trenggalek

Jln. Raya Trenggalek - Ponorogo Km. 03

Telp/Fax : (0355) 796304–796310

Email : info@kpu-trenggalekkab.go.id

Statistik

Top